Thursday, May 28, 2015

JAPAN FIRST PRIVATE TOUR MAY 2015

Yeayyyyy...... gak nyangka yaaa dari obrolan iseng di blog akhirnya saya beneran lhooo dapat tawaran private tour ke Jepang. Awalnya sih dari sering balesin pertanyaan pembaca blog mengenai berbagai hal tentang wisata Jepang, dan berujung pada tawaran private tour. Tadinya sih gak mau diambil, tapi berhubung saya ada keperluan mau ke Jepang dan mau bawa tur kecil ke Jepang ya apa salahnya saya extend untuk menerima tawaran private tour.

Dan yang beruntung untuk pergi jalan bareng saya adalah satu keluarga kecil yang terdiri dari Mommy, Daddy dan 1 gadis kecil cantik 3,5th bernama El. Hi El.... kangen deh dengan keisengan kamu, hihiii.... beberapa hari bareng El uda berasa kayak anak sendiri aja. Gadis kecil cantik ini seneng ngomong, dan juga suka nanya dan harus aja di jawab ya El, hehehe.... Jadi inget sama 2 gadis kecil saya dirumah :D

JR OSAKA STATION
Berhubung satu keluarga ini baru pertama kali ke Jepang dan saat mengajukan private tour mereka sudah pegang tiket SQ untuk tujuan Jakarta- Kansai Osaka dan berhubung saya sudah duluan ada di Jepang, maka hari pertama mereka sampai langsung saya jemput di bandara International Kansai Osaka.

Begini itinerary mulai hari pertama hingga hari terakhir trip Jepang :

Day 1
Rombongan di jemput di bandara kedatangan Kansai Osaka, langsung menuju Universal Studio Japan.
Capek pastinya yaaa.... setelah perjalanan panjang Jakarta-Osaka dan harus langsung menuju USJ tapi apa boleh buat karna keterbatasan waktu terpaksa harus begitu itinerarynya.

Dengan masih menggeret 2 koper ukuran medium, tibalah kita di USJ dan beruntungnya masih tersedia locker untuk kedua koper tersebut. Beres menitipkan koper di locker, langsung foto-foto dan free time selama di USJ.

Mungkin karena capek belum istirahat, rombongan hanya sebentar di USJ, saat menjelang maghrib rombongan memutuskan untuk istirahat di hotel, dan dengan menaiki kereta moda transportasi masal di Jepang, berangkatlah kita menuju hotel yang sudah saya bayar saat masih di Jakarta.

Rombongan menginap di hotel Mitsui Garden Hotel Osaka, hotel *4 dan selanjutnya mereka beristirahat di hotel. Acara hari ini selesai.

Day 2

Hari ke-2 di Osaka dan perjalanan dimulai sudah cukup siang, sekitar pukul 11.00 AM. Waktu untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata pun terbatas karna malam harinya kami akan bergegas menuju Tokyo. Hari ke-2 tur di mulai dengan berjalan-jalan di sekitar Namba. Keluar dari JR Namba station perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, lumayan yaaa perjalanannya agak jauh menuju lokasi yang dituju yaitu kawasan Dotonbori, Shinsaibashi dan sekitarnya. Setibanya dilokasi rombongan memutuskan untuk makan siang terlebih dahulu maka kami pun mampir di satu restoran Itali di sekitar Dotonbori. Pilihan makanan di resto ini bervariasi dengan harga yang relatif terjangkau dan rasa yang lezat. Niat mau bayar makan sendiri eh malah di traktir..... thanks ya Mommy and Daddy juga El :)

Beres makan kita masih foto-foto sekitar Dotonbori. Kalau pada tau dengan icon gambar pelari yang lagi ngangkat kedua tangan nah disitu tempat wajib buat foto tuh. Gak ketinggalan juga yaa rombongan foto disana. Melihat kanal yang kalau malam di penuhi anak muda Osaka yang sedang berkumpul dan melewati daerah pusat belanja Shinsaibashi. Free time disini karna pasti rombongan pengen belanja juga kan yaaa.... Beneran deh Mommy dapet sepaket SK II diskon 50% dari harga 7 juta rupiah jadi sekitar 3,5 juta rupiah sajah, lumayan bangettttt. Beres belanja perjalanan berlanjut menuju Osaka Castle.

Perjalanan ke Osaka Castle sih gak lama, tapi kalau mau foto dengan jelas di pekarangan Castle kan harus naik ke atas berhubung bangunan Castlenya memang ada di dataran tinggi. Tapi kita gak naik sampai ke Castle dikarenakan permintaan Mommy yang hanya ingin berfoto di bawah saja. Saya mah fleksibel sih mom, hehe.....

Eh disana ternyata lagi mau ada konser, dan penontonnya itu gadis-gadis muda Osaka dengan gaya yang cute, tau Cherrybelle kan?? nah gitu semua tuh gayanya, seru deh dimana mana ada Cherrybelle, hehe.

Waktu sudah hampir mahgrib saat kami kembali ke stasiun Osaka perjalanan selanjutnya adalah Tokyo dan kami telah memesan seat pada kereta shinkansen menuju Tokyo, good bye Osaka.... I'll be back soon, In shaa Allah October tahun ini :)

Perjalanan Osaka-Tokyo menggunakan kereta Shinkansen memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Sesampainya di Tokyo station kami langsung menuju Shinjuku  Station karna malam ini rombongan akan menginap di Ibis Hotel Shinjuku dan hotel ini sebenarnya sangat dekat dengan JR station Shinjuku, tapi berhubung rombongan sudah kelelahan dan juga 2 koper besar yang sulit ditaklukan maka Daddy memutuskan untuk menggunakan taxi. Perjalanannya gak jauh jadi biaya taxinyapun gak mahal, lupa berapa biaya pastinya karna Daddy yang bayar tapi sekitar 1000-1500 yen. Klo di Indonesia sih uda dari Simatupang ke bandara Soekarno Hatta tuh harga segitu, hahaha
Trip hari ini selesai dengan sangat lelah tapi senang :)

Day 3

Hari ini perjalanan dimulai pukul 10.00 AM. Agak telat sih tapi bukan salah rombongan, hari ini saya yang terlambat datang dikarenakan hal yang diluar kuasa saya. Huhuhuuu..... hari ini saya terkena sakit perut akut sehingga harus turun di 1 stasiun sebelum stasiun Shinjuku padahal sudah janjian dengan rombongan di stasiun Shinjuku tapi apa boleh buat saya terpaksa terlambat. Dan perjalanan langsung menuju Disneyland. Tiba di Disneyland sudah siang sekitar 11.30 AM. Bukan jarak stasiunnya yang jauh tapi memang berjalan kaki di dalam stasiunnya yang jauh dan waktu ditentukan dengan kecepatan kita berjalan. Rombongan dengan membawa anak kecil harus santai karna kasian si anak kalau diburu-buru. Untung private ya jadi gak ada yang ditunggu dan menunggu.

Sampai di Disneyland foto-foto dan free time. Saat hampir mahgrib rombongan sudah menyelesaikan permainannya dan memilih kembali ke hotel. Langsung cuss menuju Mercure Ginza Hotel karena malam ini rombongan jadwal menginap di Mercure Ginza hingga hari terakhir di Tokyo.

Day 4

Trip hari ini tujuannya Alpen Route. Tau jajaran salju abadi di Jepang kan yang saljunya gak pernah habis meskipun bukan sedang musim dingin?? Nah itu namanya Alpen Route yang lokasinya di Toyama. Cara menuju kesana menggunakan kereta Shinkansen menuju Toyama. Tapi berhubung kereta Shinkansen yang langsung kesana di jam itu semua sudah penuh dan hanya ada yang non researve seat, jadi saya putuskan untuk menggunakan shinkansen menuju Nagano sekitar 1,5 jam kemudian nyambung shinkansen non researve seat menuju Toyama sekitar 45 menit. Perjalanan dimulai sejak pukul 08.00AM dan sampai kembali di Tokyo sekitar jam 11.00 PM, sungguh lelah tapi teteup yaaa.... senangggg :D

Day 5

Tujuan hari ini adalah Festival Shibazakura. Kami menaiki bus dari Shinjuku menuju Kawaguchiko di sambung bus lain menuju lokasi Shibazakura. Perjalanan Shinjuku- Kawaguchiko sekitar 2 jam perjalanan, dan Kawaguchiko - Shibazakura sekitar 30 menit kalau lancar, tapi berhubung hari minggu dan macet jadi 1 jam perjalanan deh. Sesampainya di lokasi langsung free time yaaa....

Hingga pukul 2 siang dan saya sudah kena antrian panjang penumpang bus untuk kembali menuju Kawaguchiko. Mengantri sekitar 1,5 jam akhirnya kami bisa menaiki bus dan sampai di Kawaguchiko pukul 04.00 PM. Perjalanan pulang relatif lancar jadi hanya perlu waktu 30 menit. Setibanya di Kawaguchiko kami masih memiliki waktu 1 jam untuk menunggu bus menuju Shinjuku.

Akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba, jam 05.10 PM kami memasuki bus dan tiba di Shinjuku sekitar pukul  08.30 PM, butuh waktu lebih lama untuk tiba di Shinjuku karena banyak tempat berhenti untuk menurunkan penumpang. Dan malam ini saya ajak rombongan untuk belanja oleh-oleh kitkat green tea di salah satu minimarket di sekitar Shinjuku yang memberlakukan duty free dan yang terpenting adalah di toko ini kitkat green teanya selalu tersedia dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan toko lainnya. Selesai belanja langsung menuju hotel dan beruntungnya kali ini rombongan sudah mulai mengerti rute kereta dari Shinjuku menuju Ginza jadi saya sudah tidak mengantar rombongan hingga hotel melainkan hanya sampai Shinjuku station. Good job Mommy, Daddy and EL....

Day 6

Hari terakhir trip Japan, hari ini sedikit leyeh-leyeh karena tripnya akan sangat santai, hanya keliling seputar Shinjuku, Harajuku, Shibuya daaaan Tokyo Tower.
Perjalanan hari ini dimulai pukul 10.00 AM. Bertemu rombongan di Shinjuku station skip keliling Shinjuku karna tiap hari juga sudah keliling disini.

Perjalanan langsung berlanjut menuju Harajuku. Saya tawari untuk berkunjung ke Meiji Jinguemae Shrine tapi gak lupa ngasih info ada apa aja disana dan jarak tempuhnya, tapi rombongan kurang tertarik so acara selanjutnya hanya mengitari pusat belanja Harajuku, mampir di H&M dan Forever 21nya Harajuku karna 2 brand ini harganya lumayan lebih murah dibandingkan di Indonesia. Berfoto di Harajuku street kemudian lanjut ke Takeshita street pusat belanja anak muda Tokyo, mampir di Daiso meskipun di Indonesia ada Daiso tapi harga disini hanya 100 yen sekitar 11 ribu rupiah, lebih murah kan dibanding di Indonesia?? yuukkk borong, hahaha.

Selesai dengan Harajuku lanjut ke Shibuya. Nah disini saya agak linglung karena gate keluarnya ternyata ada yang baru dan saya salah keluar di gate yang baru untung langsung ketemu tempat makan jadi rombongan bisa langsung makan siang dulu baru deh masuk ke stasiun lagi untuk keluar di gate lain yang lebih dekat dengan tujuan wisata hari ini. Daaan violaaaa, kami ada di Crossing Shibuya dan patung Hachiko yang legendaris itu. Cuma sebentar sih disini cuma foto-foto doank trus lanjut ke destinasi selanjutnya.

Sensoji Temple, dari Harajuku kami menaiki kereta metro karna akan turun naik kereta subway dan metro maka harus beli 1 day pass Tokyo metro dan subway seharga 1000 yen per orang. Dengan menaiki Ginza line kami tiba di Asakusa tepat dekat gerbang Kaminarimon. Tetapi berhubung rombongan ingin berfoto dulu akhirnya kami masuk dari tengah Kaminarimon. Mengenai temple ini sendiri sudah pernah saya bahas pada kunjungan pertama saya tahun lalu, bisa dibaca disini.

Mulai dari Kaminarimon gate hingga Sensoji Temple adalah tempat berburu oleh-oleh termurah se Tokyo selain di Ueno, maka ini saatnya Free Time!! Shoppinggg yooook shoppinggggggg.....
Gak ada patokan waktu kapan harus selesai belanja, bebasss sebebas bebasnya :D

Destinasi terakhir yaitu Tokyo Tower. Hanya berfoto di bawah tower karna rombongan malas jalan kaki menuju tower, masih 595 meter lagi untuk sampai di bawah tower daaaan harus jalan kaki. Untuk ukuran masyarakat Jepang sih gak ada artinya itu jalan setengah kilo tapi untuk kita yang terbiasa kemana-mana menggunakan mobil, jalan jarak segitu lumayan jauh ya bok :D

Trip hari terakhir ini selesai lebih cepat karna untuk menjaga stamina rombongan yang besok pagi harus kembali ke Jakarta dan harus transit di Singapore dulu. So, jam 05.00 PM tur secara resmi selesai.... duuuhh berasa masih pagi karna biasanya saya sampai di kamar sekitar pukul 12 malam.

Senang campur sedih, nano nano rasanya karna jadwal pulang saya masih 2 hari kedepan dan harus jalan sendirian, tapi senang karna merasa sudah memberikan yang terbaik untuk keluarga yang berbahagia ini. Maaf yaa kalau ada kekurangan selama jalan bareng saya dan terima kasih Mommy, Daddy dan El..... semoga lain kali kita bisa jalan bareng lagi yaaaa :)

1. Tengkiyu somat mbak tetha ... akhirnya bisa merasakan naik kereta jepang yang terkenal. Gak berasa seminggu di jepun. Mauu kesana lageee .... belom menikmati malamnya jepun gegara masih rempong sama keong el. Buttt kemarin is wonderfull journey. Makasih untuk kesabarannya ngadepin ulah kita. Makin sukses ya tour-nya ...

1. Sama-samaaa..... senang juga bisa bantu mandu perjalanan trip Japannya, next time mungkin ikut lagi dengan destinasi yg beda :)

Maaf baru sempet reply comment, baru sempet online lagi :D

2. Mbak, gmn caranya daftar private tour? Bs gk bln desember bsk private tour sy sekeluarga (4 dewasa 1 infant)?

1. Hi Mba Yunita, ikut private tour cuma perlu kirim email saja ke : tethapevylia@gmail.com
      Dirincikan tujuannya kemana saja, menginap dihotel budget or berbintang dan penerbangan hanya menggunakan GA/sekelasnya (bukan low cost carrier).
      Mau berangkat bulan desember tahun ini?? Wah mepet sekali ya waktunya. Saya bisa berangkat mungkin awal des dan kembali ke Jakarta maksimum 18 Desember krn akan berangkat liburan bersama keluarga.

3. Mbak mau sharing tentang usaha yg mbak jani dong, saya kirim email ya mohon dibalas.

1. Hi Rida, sudah saya reply ya... silahkan dibaca dan semoga membantu :)

4. Halooo mba Tetha yg baik, ngomong2 belanja SK II nya di Osaka dimananya yaaa?